Bahwa pergi berarti sakit,,,


Di penghujung Ramadhan kemarin, tepatnya malam tanggal 29, Alhamdulillah saya bisa makan sahur di rumah setelah nyaris satu minggu harus sahur di radio. Maklumlah, saya seringkali ngisi jadwal siaran dini hari. Dari pukul 02.00 – 04.30 (sampai selesai adzan shubuh). Otomatis, kesempatan makan sahur bareng keluarga sangat jarang. Jika tak salah hanya bisa dihitung dengan jari tangan kanan saja. ^_^

Malam itu, ada hal yang membuat hati saya tersentuh.

Ceritanya begini;
Sehabis makan sahur, saya sempatkan untuk qiyamul lail. Memang tak banyak, hanya beberapa salam saja. sekitar pukul 03.30 saya nyalakan TV. Eh, ada sinetron Para Pencari Tuhan 6 (PPT 6). Sinetron religi yang memunculkan kisah kehidupan yang realistis dan tidak dibuat-buat. Begitu alami. Dekat dengan kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.

Sejak kemunculan pertamanya, enam tahun lalu, saya sudah menjadi salah satu penggemarnya. Bagi saya, PPT tidak hanya sekadar tontonan, tapi juga sebuah tuntunan yang bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat dan beragama. Banyak nilai-nilai dakwah yang terselip dalam dialog maupun adegan-adegannya. Barangkali, beginilah cara dakwah yang ampuh setelah lewat podium seringkali kurang di dengar. Terobosan yang cerdas ini dikomandani oleh Deddy Mizwar. Seorang tokoh perfilman Nasional yang sudah beberapa kali meraih penghargaan dalam dunia perfilman.

Di samping dakwah-dakwah sosial, PPT juga mengajarkan kisah cinta yang cerdas. huufftt… sungguh mengharu biru. Saya sendiri selalu “jatuh cinta” pada kisah cinta yang dilakoni tokoh Azam, Aya, juga Kalilah dalam PPT. Sebuah kisah cinta yang sarat makna dan jauh dari kesan-kesan negatif. Tidak sama dengan kisah cinta dalam sinetron-sinetron kebanyakan yang seringkali mengumbar aurat dan tidak mendidik.

Kisah cinta ketiganya berjalan dalam keindahan dialog. Bukan dengan adegan-adegan yang negatif. Tak pernah ada adegan ciuman di situ. Semuanya berada dalam koridor kepantasan. Maklum, kisah cinta dalam PPT juga berbalut ajaran agama.

Jika tak salah, kisah cinta ketiganya mulai mengharu saat Kalilah dan Aya sama-sama saling mengalah dalam urusan hati. Aya merelakan Azam menikah dengan Kalilah meski ia mencintai Azam. Sementara Kalilah juga mundur tepat di saat penghulu hendak menikahkannya dengan Azam. Padahal, saat itu, Kalilah dan Azam yang sudah berada di bawah naungan selembar kerudung putih di depan penghulu.

Duh,, perasaan saya teraduk-aduk mengikuti kisah cinta mereka dari tahun ke tahun. Tak jarang hati saya ikut gerimis. lalu sekarang, tepat di episode terakhir PPT 6, saat Aya kembali mengikhlaskan dirinya untuk hidup bertiga dengan Azam dan Kalilah. Lagi-lagi Kalilah mundur. Bukan karena dia tidak mencintai Azam. Tapi karena kebesaran jiwanya yang membuatnya mundur.

Kalilah berbicara dengan guliran bening yang tak henti mengalir di pipinya. Betapapun berat baginya untuk meninggalkan orang yang sangat dicintai, tetapi ia harus pergi. Ia harus berlalu dari kehidupan Azam dan Aya. Kalilah tahu bahwa pergi berarti sakit. Berlalu berarti pilu. Tapi itu harus dilakukan. Baginya, kebahagiaan orang yang dicintainya lebih penting dari pada rasa sakit yang dialaminya. Lebih penting dari banjir air mata di pipinya. Ya,,, air mata itu terus bergulir. Dari mata Kalilah juga Aya. Sedangkan Azam, hanya mampu terpaku sambil mengepalkan tangan pertanda menahan buncahan rasa di dadanya. Suasana pedih itu kian menyentuh ketika lagu “Saat Kau Rindukan” dari Velocity menjadi backsound tangis dan rintih kepedihan Kalilah.

Teruslah melangkah, titilah hidupmu
di jalan yang terjal yakinkan hatimu
Lupakanlah dia teruslah berpacu
masih ada kudisini yang kan, menjagamu…

satu waktu kan terungkap, segala rasa di hati
Walau kubukan yang terbaik bagi, dirimu
Janganlah berpaling, andai kau temukan cinta
Karena kau tahu aku yang terindah, untukmu…

mungkin di kehidupan nanti,,, (kuungkapkan,,,)
atau sekarang bila kau tersenyum padaku

Hooo… wooo.. wooo… wooo...
Akan kau rindukan,,,  
saat bersamaku,,,
Walau tiada kata cinta,,,
antara kau dan aku,,, Ada kasih,,,,


*lagu itu bisa di download di sini.

1 komentar:

  1. E D E N P O K E R . X Y Z mau memberikan info sedikit nih , di edenpoker ingin memberikan BONUS NEWMEMBER sebesar 10.000 ribu
    yuk langsung saja kunjungi Customer Service kami dan segera daftar kan diri anda !!!

    BalasHapus